Tips Merawat Motor Matic Agar Tetap Fit

transmisi otomatis, skutik membutuhkan perawatan ekstra. Berikut beberapa tips untuk merawat skutik kang bro:


1.Sebelum motor dijalankan, panaskan mesin terlebih dahulu dengan menggunakan choke. Tapi beberapa skuter matic saat ini sudah menggunakan choke otomatis. Biarkan mesin hidup maksimal 5 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.
2. Cek kondisi busi dan aki secara teratur. Peran busi dan aki sangatlah penting, karena motor matik merupakan motor full DC.
3. Kondisi V-Belt dan roller juga harus selalu dicek. V-Belt yang letaknya di samping roda, sebaiknya rutin diservice tiap 10.000 km dan diganti tiap 25.000 km.


4. Bersihkan ruang transmisi (CVT ) secara berkala tiap 4000 km, karena komponen CVT yang terdapat pada ruang transmisi sangat rentan debu dan kotoran lainnya.
5. Lakukan penggantian gear oil setiap 5000 km atau sesuai dengan petunjuk penggunaan kendaraan. Gunakan pelumas atau oli transmisi khusus matik.
6. Fungsi oli sebagai pelumas komponen-komponen mesin juga harus diperhatikan. Ganti oli secara berkala tiap 1.000 km, dengan menggunakan oli khusus motor matik, bukan sembarang oli.Pelumas khusus matik mampu bekerja secara maksimal ke seluruh permukaan komponen yang ada di dalam mesin skutik. Serta mampu mengurangi gesekan dan oksidasi yang terjadi dalam mesin.
7. Untuk motor matik yang sudah injeksi sebaiknya lakukan service injeksi setiap 10.000 km.Tetapi untuk motor matik honda dan suzuki untuk saat ini belum tersedia alat untuk service injeksi beat fi dan konco2nya.


Kang bro,,, smoga tips diatas bisa berguna bagi kang bro semua biar motor tetep tokcer saat di naikin,,,, anggep wae bojo loro kang bro,,,,wkwkwkwk kalo punya bojo loro pasti dirawat to,,,,,eman2,,,,

loading...

sumber:
aripitstop.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio