Mengecek Pengisian Setrum Honda Beat


download (1)



Ketika aki soak biasanya kita siap2 untuk cari pengganti yang baru,tapi apakah kang bro pernah mengecek kenapa aki bisa soak meskipun umur aki memang sudah tua.Ketika aki soak kang bro jangan terburu2 beli aki baru tapi di cek dulu kondisi kelistrikan dimotor terutama bagian penyetruman ke aki.Kali ini kang ari akan kasih sedikit tips /tips kilat tentang penyetruman aki di motor beat.

Motor beat menggunakan aki tipe kering jadi saat aki mulai coba di cas dl,jika sudah di cas kemudian aki kambuh soak lagi monggo di cek pengisian setrum dari sepul ke aki.Jalur utama pengisian aki bersumber dari sepul(bahasa kerennya stator) karena tegangan yang dihasilkan sepul masih berupa tegangan AC(arus bolak-balik) maka sebelum tegangan sampai ke aki,tegangan AC di rubah dulu menjadi tegangan DC(arus searah) oleh dioda didalam rectifier(bahasa inggrisnya KIPROK) ,setelah melewati kiprok tegangan sudah menjadi DC dan siap disalurkan ke aki.Untuk motor beat, vario dan honda karburator lainnya tegangan yang masuk aki dalam kondisi bebas (aki dilepas,lampu2kondisi mati) adalah kurang lebih 6-7volt pada kondisi 1500rpm(kondisi langsam) dan 4-5 volt pada kondisi 5000rpm.

Jadi kesimpulannya,jika aki soak,tindakan awal yang mesti kita cek adalah besarnya tegangan yang masuk ke aki.Bagaimana cara ngeceknya ? kang bro mesti siapkan pocket tester/digital multi tester (nek ora ngerti pocket tester takon mbah google wae).

Jika sudah siapkan pocket tester sekarang saatnya buka tutup aki,kemudian lepas kedua terminal akinya(- dan +) motor dihidupkan langsam lalu ambil pocketnya di setel ke arah DC kemudian kabel warna merah pocket ditempelkan di kabel terminal positif dan kabel hitam pocket tester ditempelkan ke kabel massa motor,lihat angka yang muncul dilayar pocket harus rata2 diangka 6-7 volt kemudian motor digeber kira2 500rpm lihat layar angkanya rata2 harus 4-5 volt.Jika pada saat kondisi langsam angka yang muncul >8volt maka pengisian aki over dan aki gampang soak karena overheat,dan jika pada kondisi 500rpm tegangan ai lebih kecil dari 4volt maka ada masalah juga di sistem pengisian.Lihat video dibawah,pengecekan pada motor normal.


Jika pengisian setrum bermasalah cara yang paling gampang adalah dicoba ganti kiprok yang masih normal (pinjem kiprok di motor temen ya…) kemudian cek lagi pakai pocket tester jika setrum sudah normal maka kiprok dimotor kang bro rusak tapi jika setrum yang ke masih bermasalah maka spul rusak.

Gampang kan…lain kali kali kang ari buatkan artikel yang masih ada hubungan dengan kiprok,yaitu bohlam cepet putus karena kiprok/spul rusak.

Trik diatas berguna juga buat motor pabrikan lain tapi yang masih versi karburator.Semoga bermanfaat…

loading...

sumber:
aripitstop.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio