Tips Merawat Aki Biar Awet


Kang bro,,, gimana rasanya pagi2 mo brangkat kerja tiba2 saat kang bro puter kunci kontak ech,,,,,,,, motor nggak mau di starter pakai tombol starter apalagi motor matic,,,pastinya duongkol banget to,,,, masih mending motor di engkol bisa hidup,,,la kalo motornya pakai pengapian DC yg sumbernya pengapiannya dari aki,,,,motor sampai di engkol sampai kaki mo putus juga nggak bakalan bisa hidup.


Aki ada dua jenis kang bro,,, aki basah dan aki kering,,, hampir semua motor jadul pakai aki basah,,,, aki basah mesti butuh perawatan exstra kang bro,,,bisa cepat soak klo nggak dirawat. Pada saat kita service di bengkel biasanya mekanik selalu ngecek air aki dan kalo airnya kurang langsung di tambah airnya kang bro,,,   kalo mekaniknya lupa jangan segan2 bilang ke mekanik buat nambahin air aki.Selain itu kita juga mesti ngecek kondisi air aki setiap minggunya kang bro,,, gampang kok kita lihat saja kalo posisi ketinggian air aki di bawah ‘lower’ brarti air aki mesti di tambah sampai maksimal batas ‘upper’ saja jangan sampai berlebihan nanti bisa banjir dan over-chas malah jadi soak.Kalo aki terawat baik biasanya umurnya awet kang bro,, bisa 2 tahun bahkan lebih.

Yang kedua aki kering mudah dan sangat praktis kang bro,,, motor sekarang kebanyakan sudah pakai aki kering semua kang bro,,,terutama motor2 injeksi sudah memakai aki kering semua kalo bahasa bengkel resmi namanya aki MF. La terus piye  perawatan aki kering? Yang terpenting sesering mungkin memanasi mesin sepeda motor, terutama saat motor lama tidak dipakai, atau saat pagi sebelum motor digunakan. Cukup lima hingga tujuh menit, membuat aki lebih ready dan awet digunakan,gampang to kang bro,,, tapi yo harganya lebih mahal sedikit dari aki kang bro,,,,

Semoga tips ini berguna buat kang bro semua,,,

loading...

sumber:
aripitstop.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio