Belajar Bongkar Mesin Motor Sendiri




Sebelumnya saya ingin menegaskan, bahwa rekan-rekan tidak akan langsung bisa dan pintar dalam bongkar pasang mesin motor  hanya setelah membaca satu artikel ini saja. Karena tidak akan cukup waktu dan penjelasan yang sempurna yang akan membuat rekan-rekan paham dalam seketika. Tapi setidaknya pembahasan ini bisa menjadi sesi pembuka artikel-artikel lain yang akan menambah pengalaman dan pengetahuan seputar bedah mesin motor dan merakit nya kembali.


Sedikit membahas tentang pengalaman pribadi, awalnya saya pun belajar sendiri cara bongkar mesin motor dan mempelajarinya secara otodidak. Ternyata cara ini memiliki kekurangan, saya melakukan banyak kesalahan yang semestinya tidak ditemui. Semua itu terjadi karena saya tidak memiliki teori dasar kerja mesin motor. Dan saya menyadari semua itu setelah mengikuti pelatihan mekanik sepeda motor di Hayati Training Motorcycle Pekanbaru (HTM Pekanbaru) pada awal tahun 2005.

Meski sebelum mengikuti pelatihan saya sudah pernah keluar masuk bengkel dan bekerja sebagai karyawan bengkel, ternyata semua itu belum benar. Saya merasakan bahwa bisa bongkar pasang saja tidak cukup karena saat bekerja di bengkel orang, saya tidak diajarkan teori tentang mesin. Dan satu pertanyaan yang masih teringat saat hari pertama mengikuti pelatihan yaitu: "Apa yang dimaksud dengan mesin 4 tak?".

Pertanyaan itu tidak bisa saya jawab dengan baik, menyadarkan bahwa saya hanya seorang yang baru bisa bongkar pasang mesin motor dan tidak tahu teori. Tapi setelah mengikuti pelatihan dengan sistem teori langsung praktek dimana satu siswa dibantu satu guru dengan satu unit sepeda motor, akhirnya transfer ilmu bisa berlangsung lebih cepat dibandingkan menyerap ilmu dengan cara belajar sendiri mau pun sambil kerja di bengkel orang.

Lalu apa saja yang sebaiknya dipersiapkan agar kita bisa bongkar dan pasang mesin motor dengan baik?. Menurut pendapat pribadi saya, sebaiknya pelajari dan pahami teori dasarnya terlebih dahulu, setelah itu baru lakukan aksi bongkar dan pasang komponen mesin motor.

Sekian dulu rekan-rekan semua, semoga bermanfaat.


sumber:
motorexpose.blogspot.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio