Tips Merawat Motor Injeksi


Gimana kabarnya kang bro,,,,smoga bek2 semua ya,,,amin, kang bro,,,sekarang teknologi semakin maju begitu juga di segmen motor, sekarang semua pabrikan motor terutama pabrikan jepang sedang berlomba2 mengeluarkan varian produk2 barunya dan saling menonjolkan salah satu teknologi yang bernama injeksi,,,untuk di mobil teknologi ini sudah lama diterapkan dan sekarang gantian dimotor kang bro,,, pasti kang bro sudah dengar gebar gembor pihak hobda bahwa tahun 2013 ini semua motor honda sudah beralih ke injeksi semua dan yamaha menyusul menghabiskan motor karbu-nya di tahun 2014.Mau tidak mau kita sebagai konsumen harus tau apa sich,,,,injeksi itu,,??? lain kali kang ari akan ulas lebih detail tentang injeksi kang bro,,, yang pasti injeksi adalah pengganti dari peranti karburator.Kalo kang bro mau beli motor baru atau sudah punya motor injeksi TIPS2 berikut ini perlu kang bro simak,,,

Yang pertama,motor injeksi sangat berbeda cara perlakuannya dengan motor karbu.Kita sering lihat motor yang ditambahin accesoris kelistrikan yang paling banyak ditambahin lampu2,untuk di motor injeksi hukumnya HARAM untuk menambah accesoris lampu2 secara berlebihan,lampu hazard,lampu HID,klakson,kunci alarm,lampu LED.”Kenapa HARAM kang ari,,,??? seperti MUI aja,,,,,” begini kang bro,,, pada motor injeksi seperti beat fi,cb150,vixion,mio j,xeon rc,suzuki next fi,,,dll menggunakan banyak piranti sensor2 yang semuanya mengambil setrum dari aki,walaupun sistem pemasukan setrum ke aki sudah di sesuaikan dengan kebutuhan di motor tapi itu hanya untuk kebutuhan pokoknya saja.Piranti sensor2 ini sangat sensitif bahkan bisa konslet kalau kita salah handlingnnya,jadi jangan nambah2hin accesoris terlalu banyak kang bro,,,cukup yang sederhana saja,,,oiya kang bro hati2 pakai klakson keong,ALARM dan lampu HID karena pengalaman kang ari menangani kerusakan di motor injeksi lebih banyak karena dimotor tersebut terdapat piranti tersebut.

Kedua,banyak yang bertanya2 apakah motor injeksi boleh minum premium…? boleh2 saja tapi…….. ini yang masih jadi polemik kang bro,,,untuk motor honda terdapat stiker peringatan yang menganjurkan untuk minum pertamax,tapi di yamaha tidak ada peringatan seperti itu jadi begini saja kang bro,,,kang ari kasih tips, semua motor injeksi boleh minum premium tapi kang ari anjurkan buat pemakai motor injesi selain yamaha kang bro tambahkan piranti yang namanya CARBON CLEANER yang berfungsi mengurangi kerak2/kotoran di di injektor dan ruang pembakaran.Carbon cleaner ini kang bro tuang semua satu botol saat kondisi tangki penuh atau saat ngisi di POM,aman kang bro buat menjaga kondisi injektor tetap bersih dan motor larinya lebih ngacir bahkan jadi lebih irit.Kang bro bisa tebus ini di bengkel yamaha harganya cuma 21ribu.




DIPAKAI HANYA SETIAP 3000 KM ATAU 1 BULAN SEKALI



Lanjut,,,kalau motor kang bro jarang dipakai atau cuma nganter/jemput sekolah,setiap hari musti rajin dihidupkan walaupun cuma dipanasin 5-7menit saja agar kondisi aki tidak soak karena jika aki sampai soak motor tidak bisa hidup alias mogok,,, motor injeksi pakai aki kering yang sifatnya kalau motor tidak di pakai maka setrum di aki semakin berkurang.jika aki soak coba di setrum dl di tukang aki.

Di motor injeksi banyak sensor2 dan sensor2 itu akan kasih info ke ecu/cdi jika ada yang rusak atau nggak beres kang bro,,,biasanya jika ada yang bermasalah di speedometer lampu sinyalnya akan berkedip,jika kedipan tidak kunjung hilang maka kang bro wajib buru2 ke bengkel resmi agar sumber kedipan bisa dideteksi dari mana sumber kerusakannya.INGAT jangan dibawa ke bengkel umum karena mereka tidak punya alat untuk mendeteksi bahkan alat untuk menservice motor injeksi,,,alatnya khusus kang bro…tidak dijual umum hanya bengkel resmi yang punya.

Yang terakhir buat bro,,, tapi ini kusus buat motor injeksi yamaha seperti mio j xeon rc,soul gt,vixion kang ari anjurkan untuk service injeksi setiap 10.000 km di bengkel resmi yamaha gunanya untuk membersihkan injektor,throttle body dan ruang pembakaran,terutama buat motor yang minum  premium.Di bengkel resmi yamaha sudah ada piranti buat service injeksi ini dan ongkos jasanya di jakarta kisaran 30 – 40rb.Buat kang bro yang pakai motor selain yamaha seperti honda atau suzuki belum ada alat yang untuk membersihkan injeksinya,,,jadi kalau ada kerusakan musti beli baru kalau sudah lewat masa garansi,,,





Semoga tips diatas sangat berguna buat kang bro semua

loading...

sumber:
aripitstop.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio