Cara Pasang Saklar Lampu Untuk Motor Baru


Kang bro…gara2 kebijakan pemerintah yang mewajibkan lampu nyala siang hari,terpaksa pihak pabrik harus menghilangkan fitur tombol ON/OFF.Jika sebelumnya lampu utama dan lampu belakang hanya nyala di malam hari, sekarang sejak mesin hidup pun lampu sudah ikut nyala. Kan tidak ada saklar ON/OFF.Kang ari sering nemuin efek dari lampu depan nyala terus bohlam depan dan belakang jadi sering putus dan bahkan tidak jarang juga sampai mika lampu depan jadi meleleh karena tidak kuat menahan daya panas yang ditimbulkan dari bohlam yang nyala terus.Untuk pengguna motor yamaha masih mendingan dibandingkan motor lain seperti honda karena saklar lampu bisa di subtitusi dari motor lama tanpa ada prubahan signifikan sampai coak2 cover batok depan,kang ari coba kasih tips trutama bikers yamaha bisa juga jd inspirasi buat motor lain gimana caranya pasang saklar lampu subtitusi dari motor versi lama sehingga lebih aman dari konslet.

Begini kang bro caranya,,,kang ari kasih contoh pada motor mio j,,, sebelumnya beli saklar lampu mio lama(sporti) kodemya 5TL-H3975-31 di banderol harga HET 60rb dan kabel masing2 1meter dan 4 kabel sepanjang 30cm .Lepas batok depan dan cover lampu sein depan serta cover body blakang sebelah kanan.langkah pertama matiin lampu senja dulu,,, dari lampu blakang dulu,,lihat soket lampu belakang cari kabel warna kuning dari kabel bodi(lihat gambar bwh) kemudian kabel kuning dipotong,kabel kuning yang masih menempel di soket di sambung kabel panjang 1 meter ke depan sampai batok depan,,,jgn lupa bungkus isolasi kabel sambungan dan yang dipotong tadi,,,

Langkah kedua,ambil cover lampu sen,,,lampu sen/senja mio dipisah jadi 2 bagian knn dan kiri, putus kedua kabel warna biru-hitam lalu potong dan disambung kabel 30cm lakukan langkah seperti yang lampu blakang.Lalu kabel 1meter dari lampu blakang di jadikan satu dengan kedua kabel yang baru saja diputus.

Langkah terakhir,,,lepas saklar lampu kanan lalu pasang yang baru,lepas tiga kabel lampu dari soket(lihat gambar plg atas),,, kemudian lepas soket saklar kiri kemudian cari kabel warna kuning merah lalu di putus,,,kabel dari arah kabel bodi di sambung kabel menuju kabel kuning merah di saklar kanan kemudian kabel yang satunya (kuning-merah dari saklar kiri) disambung kabel menuju kabel warna biru-hitam di saklar kanan,,,,yang paling terakhir sisa kabel biru polos di sambung ke kabel lampu senja pada langkah pertama dan kedua,,,jangan lupa setiap sambungan kabel diisolasi yang rapi agar tidak konslet.

Langkah2 diatas bisa juga diterapkan dimotor vega zr,jup.mx.mio gt,soul gt,xeon /xeon rc, untuk motor vixion byson dan scorpio lebih mudah kang bro,,,beli saklar yang lama langsung saja tanpa ada rubahan apapun…tapi untuk scorpio hanya mindahin posisi kabel di soket aja,,,,harga saklar byson 110rb vixion 131rb scorpio 165rb dan untuk motor fino dan scoopy bisa aplikasi saklar merek BRT harganya kisaran 80rb


Tips Pasang Saklar Lampu Untuk Motor Baru.(Part 2) 
Diagram Rangkaian Kabel

Menyambung pada artikel ”  Tips Pasang Saklar Lampu Untuk Motor Baru. ” sekarang kang ari akan kasih diagram kabelnya untuk motor jupiter mx dan bisa juga di terapkan ke motor mio j,mio gt,gt soul dan xeon rc yang semua memakai saklar mio lawas/smile.

diagram aho

Pada diagram diatas untuk lingkaran hijau-tua adalah sambungan kabel yang sebelumnya dipotong,dan untuk kotak hitam adalah soket2 kabel body dan warna merah adalah kabel tambahan untuk menyambung kabel yang dipotong.

Diagram diatas untuk yang menggunakan saklar kanan mio lawas/smile,jadi untuk jupiter z1 belum bisa, bisa juga diterapkan ke vega zr karena untuk vega zr pakai saklar vega zr lama yang belum AHO.

Jika ada yang mau ditanyakan,monggo biar lebih jelas.

loading...

sumber:
aripitstop.com

Comments

  1. Ini kalo di praktekin di jupiter mx new bisa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bro, jalur yamaha semuanya sama, kecuali yg udah pakek LED

      Delete
  2. Kalo untuk mio m3 pake saklar mio lama model on/off tanpa senja gimana kang, trima ksb sbelumnya.

    ReplyDelete
  3. Untuk mio soul GT 125 yg LED caranya sama juga?

    ReplyDelete
  4. Untuk Vega ZR . Kalo masang saklar aho biar nyala lampunya ngga bareng gimana caranya , maksud saya kalo switch nya geser ke tengah yang nyala lampu senja dulu ... Lalu bila geser penuh baru lampu utama juga ikut nyala ...itu caranya gimana , terima kasih

    ReplyDelete
  5. Bang bisa minta videonya gak,?? Ato apakah ada di youtube,?? Klo ada namanya apa,??
    Mohon bantuannya,, terimakasih

    ReplyDelete
  6. saya brhasil mematikan lampu aho,tapi indikator lampu dekat nya ga nyala.mohon solusi nya! motor saya mx king 150 cc.

    ReplyDelete
  7. Sy coba di xeon gt 125 untuk lampu senja ga nyala gan saklar udh on ttep mati tapi klo buat lampu headlampnya nyala itu knp ya.?
    Padahal sy udh mengikuti persis pada diagram diatas.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio