Tenaga Mesin Suzuki Satria FU Ngempos



Ternyata penyebab tenaga mesin Suzuki Satria FU ngempos... lantaran terdapat keausan pada kuku klep atau cotter. Klep yang seharusnya membuka dan menutup sesuai rencana kerja klep... sekarang malah tidak bekerja sebagaimana mestinya. Dengan tidak menutup rapat nya klep, kompresi menjadi sangat rendah... lha, jelas saja karena kompresi bocor.


Kejadian aus nya kuku klep atau cotter sebenarnya jarang terjadi, sejatinya part kecil pada komponen mesin motor ini hanya menahan klep agar bisa naik turun teratur. Jika tidak ada kuku klep, maka klep tidak bisa kembali pada posisi semula dimana bibir yang terdapat pada payung klep mendekap erat dan tidak ada kebocoran.


Lantaran terdapat kebocoran kompresi, wajar saja kepala piston terlihat gosong sebab pembakaran tidak sempurna. Ujung-ujungnya tenaga ngempos dan tidak mampu berakselerasi dengan baik. Solusinya... kuku klep terpaksa diganti dengan yang baru dan dilakukan skir klep kembali untuk memastikan tidak ada kobocoran kompresi. Setelah itu semua komponen mesin Suzuki Satria FU pun dirakit kembali.

Masih untung hanya kuku klep yang harus diganti, jika klep bengkok dan harus beli yang baru... walah, bikin kantong tekor... apa lagi dalam kondisi ekonomi yang sedang melemah saat ini. Dimana kantong bisa jebol dan bolong-bolong karena terlalu sering dirogoh terlalu dalam, hehe :)

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kita bersama. Terus ikuti MotorExpose, kita akan berbagi banyak hal lainnya seputar aktivitas bengkel dan dunia sepeda motor.


sumber:
motorexpose.blogspot.co.id

Comments

  1. Mas mau nanya nih. Retainer/topi klep yg bisa di adopsi ke motor karisma, bisa memakai punya motor apa ya mas

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio