Roda Depan Yamaha Mio Sporty Seret Saat Mundur


Rekan-rekan... kasus yang ditemui kali ini. Keluhannnya, roda depan Yamaha Mio Sporty ngunci saat mundur. Lha... kok bisa ? aksi bongkar pun dilakukan agar bisa mendeteksi penyebab dan mengatasi persoalannya sekaligus memudahkan pemasangan spadboard depan.

Penyelidikan dilanjutkan setelah roda berhasil dilepas dan spadboar depan dipasang.
Setelah spadboard depan berhasil dipasang, roda kembali dipasang dengan posisi motor yang berdiri dengan standar tengah dan bagian bawak dek atau lantai diberi penahan agar roda depan terangkat dan mudah diputar.

Pada saat roda diputar kedepan, gejala seret tidak terasa namun saat roda diputar kebelakang... walah, minta ampun seret sekali. Kaliper pun dilepas guna mendapatkan kepastian sumber persoalan. Piringan cakram terlihat dalam kondisi normal dan tidak baling, ternyata baut penahan kaliper sudah diganti dan dimensinya tidak sama dengan yang asli. Nah... ketemu juga :)

Panjang baut pengganti memang sama dengan yang asli tapi bentuk dan ukurannya sangat berbeda, sehingga terdapat rongga atau gap yang lumayan besar dan membuat kaliper tidak padat terpasang. Solusi yang diterapkannya selama ini dengan memberi mur tambahan dan mengunci dengan kencang... disitu persoalan muncul lantaran kaliper tidak memiliki ruang gerak lagi.

Seharusnya kaliper bisa bergerak pada saat piston menekan lantaran tuas rem difungsikan. Namun lantaran terkunci, pergerakannya pun terhalang dan menimbulkan persoalan yang uniknya hanya pada saat motor diajak mundur. Kesimpulannya, sumber masalah terdapat pada bautnya dan solusi terbaik adalah menggunakan kembali baut asli agar pas dan tidak menemui kendala lagi.

Sayangnya baut asli sudah tidak ditemukan setelah siempunya motor mengganti piringan cakram beberapa tahun  lalu. Terpaksa menunggu part kecil ini dulu untuk memastikan bahwa persoalan memang 100% teratasi.

Sekian dulu rekan-rekan... semoga bisa menjadi referensi kita bersama.

loading...

sumber:
motorexpose.blogspot.co.id

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menentukan Top Sebelum Stel Klep

Cuk Yamaha Vega ZR

Cara Mengganti Oli Mesin Yamaha Mio